Puasa Sunnah
10.23.00 | Author: noerihsan

Puasa atau dalam bahasa arabnya Soum adalah menahan /menjaga untuk tidak makan dan minum dimulai terbitnya fajar samapi tenggelamnya matahari. Puasa merupakan amalan yang sangat rahasia, karena yang mengetahui puasa tidaknya seseorang, hanya dia sendiri dan tentunya Sang Maha Mengetahui yakni Allah SWT. Secara garis besar puasa dibagi menjadi dua : Puasa wajib dan puasa sunnah.

Puasa wajib adalah puasa yang apabila mengerjakannya mendapatkan pahala (INSYA ALLAH) dan apabila meninggalkannya mendapatkan dosa (NAUDZU BILLAHI MIN DZALIK)seperti, puasa bdi bulan suci ramadhan dan puasa disebabkan nadzar. Sedangkan puasa sunnah ialah puasa yang apabila melaksanaknnya mendapatkan pahala dan apabila meninggalkannya tidak mendapatkan apa-apa (Dosa)seperti puasa senin/kamis dll.

Disini saya akan berbagi pengalaman tentang hal-hal positif yang bisa diambil dari puasa sunnah senin dan kamis. Mungkin bagi yang belum terbiasa mengerjakan puasa sunnah terasa berat, tapi bagi yang sudah biasa mengerjakannya terasa enteng dan tidak ada beban sama sekali .Bahkan sebagian orang yang sudah terbiasa melaksanakannya berpendapat kalau puasa sunnah senin dan kamis terasa nikmat dan banyak hal-hal positif yang bisa kita ambil.

Hal-hal positif yang pernah saya alami ketika berpuasa sunnah diantarnya sbb:
- Lebih sabar dan ikhlas ketika sedang menghadapi suatu masalah baik yang
ringan maupun yang berat sekalipun.
- Lebih fokus dan khusyu dalam beribadah khususnya dalam mengerjakan shalat lima
waktu.
- Lebih hati-hati dan teliti dalam mengerjakan suatu pekerjaan.
- Lebih banyak kata-kata baik dan sopan yang dikeluarkan oleh silidah tak bertulang.
Dan,
- Lebihan uang jajan bisa ditabung untuk keperluan lainnya.


Itulah hal-hal positif yang saya alami ketika melaksanakan puasa sunnah, dan saya namai hal-hal tadi diatas dengan sebutan 5L. Semoga para pembaca bisa mengambil pelajaran dari pengalaman pribadi saya ini.
|
This entry was posted on 10.23.00 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: